Program Pendidikan UI 2015

Program Pendidikan UI 2015 – Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak diidolakan oleh calon mahasiswa. Kampus UI sendiri berada di kampus Salemba Jakarta dan kampus baru Depok, Jawa Barat. Setiap tahun Universitas Indonesia menerima mahasiswa baru dari berbagai kalangan di Indonesia.
Biaya Universitas Indonesia 2015
Universitas Indonesia

Universitas Indonesia memiliki 13 fakultas dan 1 program vokasi, terdapat berbagai program pendidikan untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat antara lain S1 Reguler, S1 Paralel, S1 KKI (Kelas Khusus Internasional), S1 Ekstensi, dan Vokasi (D3). Lalu bagaimana  penjelasan mengenai program pendidikan UI? Mari kita simak...

1. S1 Reguler UI
S1 Reguler merupakan program pendidikan sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijasah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran dilakukan. Pendaftaran UI 2015 maka untuk lulusan tahun 2013, 2014, dan 2015. Jalur masuk UI S1 Reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI. Biaya pendidikan untuk ketiga jalur tersebut adalah sama, menggunakan UKT.

2. S1 Paralel UI
S1 Paralel sendiri memiliki dua jenis :
- S1 Paralel untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, yaitu program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini hanya melalui SIMAK UI. Namun, untuk lulusan tahun 2015 bisa melalui jalur PPKB UI Paralel bagi sekolah tertentu yang mendapat undangan dari UI.
- S1 Paralel untuk lulusan D3, yaitu program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan D3 tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-Ekstensi.

3. S1 Kelas Khusus Internasional (KKI)
S1 Kelas Khusus Internasional (KKI) adalah program pendidikan yang sama dengan program pendidikan reguler, yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia atas dasar adanya kerjasama antara Universitas Indonesia dengan mitra Perguruan Tinggi di luar negeri yang memiliki reputasi internasional dan telah memperoleh akreditasi di negaranya. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-KKI dengan materi ujian Social Sciences atau Natural Sciences sesuai dengan kelompok program studi yang dipilih.

4. S1 Ekstensi UI
S1 Ekstensi adalah program pendidikan jenjang sarjana untuk lulusan D3 yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan S1. S1 Ekstensi UI menerima lulusan D3 dari berbagai Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi BAN-PT. Jalur masuk S1 Ekstensi melalui SIMAK-Ekstensi. Materi yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

5. Vokasi (D3)
Vokasi (D3) adalah program pendidikan jenjang diploma yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan, siap kerja dan mampu bersaing secara global. Lulusan Vokasi (D3) akan mendapat gelar Ahli Madya (A.Md). Jalur masuk Vokasi melalui SIMAK UI, dan untuk lulusan tahun 2015 bagi sekolah tertentu dapat melalui jalur undangan PPKB UI.

Pages