-PTN Favorit Buka Penerimaan 50 Persen dari Jalur SNMPTN

Bimbel Masuk ui, program bimbel masuk ptnPerguruan tinggi negeri favorit di Indonesia mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Tahun ini, panitia penerimaan SNMPTN menyiapkan sebanyak 137.781 kuota kursi bagi mahasiswa baru dari 63 universitas negeri.

Jumlah tersebut, merupakan 50 persen dari kuota total di PTN.

Beberapa PTN favorit yang ikut serta dalam SNMPTN di antara adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Denie Heriyadi, Ketua Seleksi Masuk Unpad, menyebutkan ada dua jalur masuk, yakni SNMPTN dan SBMPTN.

"Artinya 50:50 ya, kami ada beberapa prodi baru, yakni manajemen komunikasi, markom, jurnalistik, televisi dan film yang ada di fakultas ilmu komunikasi. Selain itu, juga ada prodi ekonomi islam di fakultas ekonomi, juga teknik elektro di fakultas MIPA," kata Denie, Minggu (15/2/2015) siang dalam konferensi pers mengenai SNMPTN di Gedung Manggala Wanabhakti, Senayan.

Sementara, di Emil Budianto, ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI, menyebut, tahun ini UI membuka sebanyak 4200an kuota untuk mahasiswa baru.

Angka tersebut terdiri dari 50 jalur SNMPTN, 30 persen SBMPTN, 20 persen dari ujian mandiri.

Adapun Unair, Melalui Budiarto, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, menyebutkan, ada tiga jalur masuk dengan prosentase sama dengan UI.

"Untuk tahun ini, kami membuka kampus di luar domisili yang ada di Banyuwangi. Beberapa prodi yang dibuka di antaranya kedokteran hewan, akuntansi, kesehatan masyarakat, dan budidaya perikanan," katanya.

Jalur masuk Unair tahun ini dibagi menjadi dua, yakni 50 persen untuk SNMPTN dan 50 persen untuk SBMPTN.
Sementara, UNS membuka sebanyak 3 jalur, yakni SNMPTN 50 persen, SBMPTN 40 persen, dan ujian mandiri sebesar 10 persen.

Di samping itu, UNS menerima mereka yang memiliki keahlian menghafal Al-quran.

"Yang bisa menghafal 30 juz itu kami anggap memiliki intelegensia yang lebih. Namun itu hanya tambahan, karena dari tahun ke tahun jumlah hafizh itu tidak lebih dari 50 orang," kata Aas Rochmat, panitia seleksi mahasiswa baru UNS Solo.

Para panitia seleksi ini menyebutkan, mahasiswa baru yang hendak masuk PTN tidak perlu khawatir dengan biaya karena adanya kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang memperbolehkan mahasiswa membayar uang kuliah sesuai dengan kemampuan ekonominya.

Selain itu, ada pula beasiswa afirmatif bidik misi yang menggratiskan mahasiswanya dianggap tidak mampu dengan alokasi sebesar 20 persen dari total mahasiswa baru

Pages