LGE-Seputar Ketidaklulusan pada SBMPTN

Hasil gambar untuk berita sbmptnLGE -JAKARTA - Semua peserta yang mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berharap bisa lulus. Namun, nyatanya jumlah peserta yang tidak lolos akan lebih banyak dari yang bisa diterima. 

Berikut serba-serbi tentang ketidaklulusan SBMPTN..

1. 948 peserta SBMPTN sudah dipastikan tidak lulus
Belum juga hasil SBMPTN 2015 diumumkan, Provinsi Bengkulu sudah mencatat sebanyak 948 peserta SBMPTN tidak akan lulus. Pasalnya, mereka semua tidak hadir pada saat ujian berlangsung.
2. Joki SBMPTN
Setidaknya dua joki yang tertangkap tangan di Makassar dan Solo akan tidak lulus SBMPTN 2015. Panitia juga memiliki sistem tersendiri yang dapat melacak keberadaan joki. Mereka dipastikan tidak lulus ujian. Sementara itu, mahasiswa yang menjadi joki juga akan mendapat sanksi akademik berat seperti dipecat dari kampus.
3. Penyebab ketidaklulusan
Selain absen dan memakai jasa joki, penyebab lain ketidaklulusan pada SBMPTN adalah kurangnya nilai peserta. Setiap prodi mensyaratkan passing grade tertentu yang harus dilampaui peserta agar lulus SBMPTN 2015.
4. Tidak lulus SBMPTN 2015 bukan akhir segalanya
Peserta yang tidak lulus SBMPTN kerap merasa putus asa. Padahal masih ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika hasil SBMPTN 2015 ini belum berpihak pada kita, seperti memilih PTS, mengikuti ujian mandiri, bekerja bahkan menikah.
5. Jangan tergiur oknum yang tidak bertanggung jawab
Mungkin sebagian dari kita belum bisa menerima kenyataan ketika nama kita tidak tercantum sebagai peserta yang lulus SBMPTN 2015. Namun, tidak berarti kita bisa menggunakan jalan pintas dengan mempercayai oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang menjual janji bisa membantu kita masuk ke PTN. Berhati-hatilah!
Jadi jangan berputus asa ya!

Pages