Perbedaan SBMPTN Tahun Ini Dengan Sebelumnya

Sumber : Google
Banyak jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, diantaranya adalah SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, SPMB, Jalur Mandiri PTN, jalur kerjasama dan lainnya. Namun yang paling banyak di gandrungi ialah SBMPTN, Namun Banyak para siswa belum mengerti apa itu SBMPTN
SBMPTN atau dengan kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.
Proses seleksi SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis atau ujian menggunakan komputer yang diikuti oleh semua peserta SBMPTN dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang diikuti oleh peserta yang memilih program studi bidang Seni atau Olahraga.
jika pada tahun sebelumnya pelaksanaan ujian SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis, pelaksanaan SBMPTN pada tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pada tahun ini ada opsi lainnya yaitu menggunakan komputer atau yang dikenal dengan Computer Based Testing (CBT).
Jadwal pelaksanaan untuk tes tertulis dan tes yang menggunakan komputer juga berbeda dijadwalkan berbeda. Pelaksanaan tes menggunakan komputer dilaksanakan terlebih dahulu sedangkan tes tertulis dilaksanakan setelahnya.
Selain itu, website resmi SBMPTN yang sebelumnya adalah www.sbmptn.or.id, pada tahun ini berubah menjadi www.sbmptn.ac.id. Namun saat ini kedua website tersebut sama-sama bisa diakses. Jadi silahkan akses yang mana saja karena informasi yang tersedia juga sama.
Jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru masuk Perguruan Tinggi Negeri terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi jalur SNMPTN didasarkan pada nilai rapor siswa dan tidak semua siswa mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN. Sedangkan seleksi jalur SBMPTN didasarkan pada hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan (khusus Prodi Olahraga dan Seni) dan bisa diikuti oleh semua siswa SMA / MA / SMK / MAK yang telah lulus dari sekolah maksimal 3 tahun terakhir.

Pages