Tips Pilih Jurusan & Kampus saat Daftar SBMPTN

tips pilih jurusan  saat daftar sbmptn

Bimbel Masuk PTN- Meski pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 sudah dibuka sejak 25 April, masih banyak calon peserta memilih menunda mendaftar. Salah satu alasannya, masih mencari jurusan dan kampus paling tepat.
Strategi memilih jurusan dan kampus sendiri sangat penting mengingat seleksi ini diikuti ratusan ribu peminat di seluruh Indonesia. Jika tidak kuat bersaing, maka bisa dipastikan peserta akan kalah dalam kompetisi meraih satu dari 99.223 kursi di 78 PTN
"Memilih jurusan juga bisa berpengaruh apa nanti calon mahasiswa bisa lolos atau tidak. Seperti jurusan yang banyak peminatnya itu akan lebih sulit didapat,"
Kami menyarankan, jika siswa ingin masuk ke PTN tertentu, maka sebaiknya dia memilih jurusan yang tidak banyak peminatnya. Dengan begitu, kesempatan diterima di kampus negeri jauh lebih besar.
"Kuliah S-1 memang dasarnya, tapi kan cuma sementara. Kalau ada jurusan yang ingin ditekuni, bisa diambil ketika S-2. Jadi yang penting saat S-1 bisa diterima di PTN tujuan,"
Namun, jika calon mahasiswa tetep bersikukuh untuk memilih suatu jurusan, maka sebaiknya dia memilih PTN dengan jumlah peserta di jurusan yang diincar tidak terlalu banyak. Dengan begitu, peserta tersebut masih memiliki kemungkinan dapat diterima PTN dengan jurusan yang diinginkan.
"Misalnya, kalau mau pilih kedokteran, kan tidak harus di UI atau UGM karena pendaftarnya pasti banyak sekali. Jadi pilih saja PTN yang di luar Jawa,"
jika mahasiswa masih ingin mendaftar di PTN tertentu dengan jurusan tertentu pula, maka dia juga bisa mencoba memilih jurusan lain yang masih memiliki kaitannya dengan jurusan yang diinginkan.
"Kalau ada yang mau ambil kedokteran di satu PTN, tapi tahu kalau banyak peminatnya, bisa coba pilih Farmasi karena itu kan masih Saintek. Atau tahun depan mencoba lagi untuk mendaftar ke PTN. Sehingga keinginan untuk masuk PTN bisa diwujudkan,"

Pages