10 Kampus Terbaik di Asia 2016

Program bimbel masuk PTN Karantina SBMPTN dan SIMAK UI SuperCamp UI Bimbel Masuk UI Persiapan SBMPTN persiapan SIMAK Ui Persiapan Masuk Ui Intensif sbmptn intensif simak ui program jaminan masuk ui persiapan masuk Ptn Persipan program IPA persiapan program IPS Program Bimbel Masuk PTN Karantina SBMPTN SIMAK Ui Bimbel Masuk UI Bimbel Masuk KEDOKTERAN UI Bimbel Masuk ITB Bimbel Masuk UNJ Bimbel Masuk UNPAD Bimbel Masuk STAN Bimbel Masuk UGM
Singapura berhasil mempertahankan posisinya sebagai negara dengan kualitas pendidikan tinggi terbaik di kawasan Asia. Bagaimana tidak, berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings 2016, National University of Singapore (NUS) kembali menduduki posisi pertama.
Berikut ini daftar kampus-kampus di Asia yang masuk top 10 kampus terbaik versi QS World University Rankings 2016.
1. National University of Singapore (NUS)
Universitas di Negeri Singa ini menjadi perguruan tinggi pertama terbaik Asia 2016. Seperti tahun lalu, NUS masih mempertahankan diri sebagai universitas pertama terbaik versi QS World University Rankings 2016. NUS juga berada di peringkat 12 universitas terbaik dunia.
2. Nanyang Technological University Singapura
Universitas di Singapura kembali mencatatkan diri sebagai universitas terpopuler Asia 2016. Setelah NUS di posisi wahid, maka di posisi berikutnya ada Nanyang Technological University Singapura yang berada di peringkat dua universitas terbaik Asia 2016.
Nanyang Technological University Singapura sebelumnya berada diperingkat empat pada 2015, artinya naik dua peringkat pada 2016. Torehan universitas terbaik di dunia pun tidak ketinggalan, saat ini Nanyang Technological University Singapura berada di peringkat 13 dunia.
3. Tsinghua University
Tsinghua University naik drastis menempati posisi ketiga sebagai kampus terbaik di Asia 2016. Skor kampus ini pada penilaian mencapai 88,5. Sedangkan di urutan dunia, Tsinghua University menduduki posisi ke-25
4. Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)
HKUST tetap berhasil menaikkan posisinya menjadi nomor empat sebagai universitas terbaik Asia 2016. Pada 2015, HKUST berada di peringkat lima. Adapun peringkat di dunia, HKUST menorehkan prestasi di posisi 28 besar universitas top dunia 2015.
5. University of Hong Kong (HKU)
Jika pada tahun lalu, University of Hong kong berada di peringkat dua versi QS World University Rankings 2015. Tahun ini, University of Hong Kong justru turun menjadi posisi lima. Di level dunia, University of Hong Kong berada di peringkat 30 universitas terbaik dunia 2016.
6. Seoul National University, Korea Selatan
Posisi Seoul National University sebagai perguruan tinggi terbaik di Asia naik dua peringkat tahun ini. Seoul National University yang pada 2015 berada di peringkat delapan, tetapi kini menempati urutan enam. Meski begitu, peringkat Seoul National University meroket tajam sebagai universitas terbaik dunia 2016 dan berada di posisi 36.
7. Kyoto University, Jepang
Negeri Sakura berhasil menempatkan Kyoto University sebagai kampus nomor tujuh terbaik di Asia. Sebelumnya, kampus ini tidak masuk jajaran 10 besar. Prestasi Kyoto University semakin terlihat lantaran berada di peringkat 38 versi QS World University Rankings 2016.
8. The University of Tokyo, Jepang
The University of Tokyo menyusul Kyoto University di posisi delapan kampus terbaik Asia versi QS World University Rankings 2016. Berdasarkan pemeringkatan yang sama, tahun ini The University of Tokyo menempati posisi ke-39 dunia.
9. Peking University, China
Peking University turun dua peringkat dari tahun sebelumnya di mana pada 2015 menduduki peringkat tujuh. Tahun ini, Peking University menempati peringkat sembilan universitas terbaik Asia 2016. Sementara, Peking University menorehkan diri di nomor urut 41 sebagai universitas tersohor dunia 2016.
10. Korea Advaced Institute of Science and Tecnology (KAIST) Korea Utara
Peringkat dari Korea Advaced Institute of Science and Tecnology (KAIST) turun drastis di posisi ke-10. Padahal pada 2015 KAIST menempati urutan ketiga universitas terbaik Asia. Meski begitu, peringkat KAIST masih berada di urutan 43 sebagai universitas terfavorit di dunia 2016.
 
sumber:news.okezone.com

Pages