Globalexcellent- Tips Sukses Hadapi Ujian Mandiri Masuk PTN

Globalexcellent -Setelah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2016, masih ada satu jalur tes lagi bagi para pelajar untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Jadi, bagi yang merasa tidak yakin pada SBMPTN 2016 kemarin, segera cek laman-laman kampus negeri untuk mengetahui jadwal pendaftaran berikut waktu pelaksanaan ujian mandiri.
Tahun ini, kuota jalur mandiri juga meningkat menjadi 30 persen, lho! Oleh sebab itu, jangan sepelekan kesempatan terakhir ini. Nah, berikut ini beberapa tips sukses hadapi ujian mandiri masuk PTN.
1. Bijak pilih universitas dan jurusan
Hampir semua PTN punya jalur masuk mandiri. Meski jadwal ujiannya berbeda-beda, tetapi di kesempatan terakhir ini ada baiknya kamu lebih selektif dalam mendaftarkan diri. Pilih kampus dan jurusan yang benar-benar sesuai dengan apa yang kamu suka sekaligus sepadan dengan kemampuanmu. Hal ini akan menambah peluangmu untuk dapat lolos seleksi.
2. Latihan soal
Setiap kampus punya gaya soal berbeda dalam ujian mandiri. Saat ini, sudah banyak pula buku-buku latihan soal yang dirancang berdasarkan ciri khas soal-soal PTN tersebut. Pelajari jenis soal hingga sistem penilaiannya. Kendati demikian, secara umum soal-soal yang diberikan tidak jauh beda dengan soal SBMPTN.
3. Tanya pada senior
Kalau punya kakak kelas yang kuliah di kampus incaran, coba tanyakan kepada mereka tentang seleksi mandiri ini. Cari tahu sebenarnya berapa proporsi kampus mengambil mahasiswa melalui jalur tersebut. Kamu juga bisa menanyakan tipe-tipe soal yang keluar.
4. Persiapan jelang ujian
Perlengkapan seperti, pensil 2B, pulpen, papan jalan, penghapus, dan lain sebagainya wajib sudah disiapkan maksimal H-1 ujian. Cek juga lokasi ujian supaya tidak nyasar atau salah gedung. Pastikan kamu telah mengukur lama perjalanan dari rumah ke tempat ujian. Biasanya, ujian mandiri dilaksanakan di kampus terkait.
5. Minta restu orangtua
Restu dan doa dari orangtua akan membuatmu lebih percaya diri dalam mengerjakan ujian. Dengan dukungan dari orang terdekat, kamu juga akan lebih termotivasi untuk bisa lolos ujian.
6. Kerjakan soal yang mudah
Sama seperti SBMPTN, kerjakan dahulu soal-soal yang mudah. Jangan menghabiskan waktu pada soal yang sulit. Apalagi dengan waktu yang sangat terbatas.

Pages