beberapa Universitas Hijau di Indonesia Versi UI GREEN METRIC

 Universitas Hijau di Indonesia Versi UI GREEN MATRIC
UI Green Matric adalah World Rangking Green University yang digagas oleh Universitas Indonesia. Saat ini UI Green Metric sudah mengirimkan 3000 undangan kepada Universitas di dunia.
Mereka menilai dan meranking Universitas Hijau dengan metodologi yang complete, melakukan scoring terhadap Setting & Infrastucture, Energy & Climate Change, Waste, Water, Transportation, Education.
Untuk melakukan Rangking Universitas Hijau, UI Green Matric membuat kriteria dan indikator dengan bobot persentasi dari setiap kriteria dan indikator, yakni
1. Pengaturan & Sarana (15%)
Dalam kriteria ini, memberikan informasi mengenai kebijakan & fasilitas yang mendukung kampu untuk menyatakan Universitas tersebut layak dikatakan kampus hijau.
Banyak indikator yang dipakai dalam penilaian pengaturan & sarana, mulai dari total area kampus, total area bangunan kampus utama, total luas parkir, sampai anggaran universitas yang dipakai dalam setahun untuk keberlanjutannya dan masih banyak lainnya.

2. Energi & Perubahan Iklim (21%)
Dari kriteria energi & iklim ini memberikan bobot nilai yang paling tinggi, UI Green Metric menggunakan kuesioner dalam menenukan bobot nilai.
Dengan indikator penggunaan peralatan hemat energi, kebijakan penggunaan energi terbarukan, penggunaan listrik total, green building dan lainnya.
Dengan indikator ini, universitas diharapkan dapat memperhatikan penggunaan energi secara efisien terhadap bangunannya dan menggunakan sumber energi terbarukan.

3. Limbah (18%)
Limbah adalah perhatian yang penting, apakah Universitas melakukan pengolahan daur ulang terhadap limbah. Ada beberapa jenis limbah yang yang dihasilkan Universitas, limbah organik, limbah anorganik, limbah beracun.

Limbah ini banyak dihasilkan oleh kegitan para Mahasiswa & Staf di Universitas. Kebijakan yang dibuat untuk mengurangi penggunaan kertas ( paper less )
Indikator yang digunakan yakni program mengurangi penggunaan kertas dan plastik di kampus, program daur ulang untuk limbah universitas, limbah beracun ditangani, pengolahan limbah organik, pengolahan limbah anorganik, pembuangan limbah
4.     Air (10%)
Penggunaan air adalah indikator penting dalam Green Metric. Agar dapat meminimalisir penggunaan air, dan melakukan konservasi terhadap air.
Indikatornya yakni implementasi program konservasi air, implementasi program daur ulang air, penggunaan alat hemat air (water tap, toilet flush, dll), air yang diolah dikonsumsi
5. Transportasi (18%)
Transportasi adalah hal yang penting dalam penilaian Green Metric, membuat kebijakan bagi seluruh civitas akademika untuk lebih menggunakan bus Universitas dan sepeda kampus yang disediakan.
Dalam penggunaan transportasi yang ramah lingkungan akan mengurangi zat karbon di Universitas.
Indikator yang digunakan sangat banyak, mulai dari jumlah mobil yang dimiliki universitas, sampai kebijakan sepeda kampus & pejalan kaki.

6. Pendidikan (18%)
Pendidikan adalah kriteria terakhir yang ditambahkan dalam kuesioner, karena dari pendidikanlah Universitas menciptakan generasi baru yang peduli terhadap lingkungan
Indikatornya adalah jumlah kursus yang terkait dengan penawaran lingkungan dan keberlanjutan, total jumlah mata kuliah yang ditawarkan, Total dana penelitian yang didedikasikan untuk penelitian lingkungan dan keberlanjutan (dalam Dolar AS), total dana penelitian (dalam Dolar AS),
Jumlah terbitan ilmiah tentang lingkungan dan keberlanjutan diterbitkan,  Jumlah kejadian ilmiah yang berkaitan dengan lingkungan dan keberlanjutan, jumlah organisasi kemahasiswaan yang terkait dengan lingkungan dan keberlanjutan, adanya situs keberlanjutan yang dikelola universitas

Berikut daftar 10 Universitas Hijau di Indonesia:
  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Teknologi Sepuluh November
  3. Institut Pertanian Bogor
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Sebelas Maret
  6. Universitas Negeri Semarang
  7. Universitas Brawijaya
  8. Universitas Padjadjaran
  9. Institut Teknologi Bandung
  10. Universitas Andalas
Sumber : http://greenmetric.ui.ac.id

Pages