Pemerintah Buka SNMPTN 2018 untuk Seleksi Calon Mahasiswa Baru

Mulai Besok Pemerintah Buka SNMPTN 2018 untuk Seleksi Calon Mahasiswa Baru
JAKARTA - Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2018 Ravik Karsidi mengatakan program tersebut akan mulai beroperasi besok usai diluncurkan oleh Menristekdikti RI Mohammad Nasir hari ini.
Sedangkan untuk SBMPTN, kata Ravik, para calon mahasiswa itu nantinya akan diseleksi melalui dua jenis ujian, yakni Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasi Komputer (UTBK).
"Mulai besok pagi SNMPTN sudah mulai beroperasi untuk membuka pangkalan data, dan SBMPTN akan mengalami Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)," ujar Ravik, dalam konferensi pers yang digelar di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2018).
Pihaknya menargetkan kenaikan jumlah calon mahasiswa yang mengikuti seleksi UTBK sebesar 10 kali lipat dibandingkan tahun lalu,yang hanya diikuti 21.500 peserta.
Ravik berharap ada 200 ribu peserta yang mengikuti seleksi melalui UTBK.
"Khusus UTBK, kami akan mencakup jangkauan 10 kali lipat dibanding tahun lalu," jelas Ravik.
Ia kemudian menyebutkan jumlah alokasi daya tampung dari ketiga jalur seleksi tersebut.
"Komposisi daya tampung tidak berubah, SNMPTN paling sedikit 30 persen, SBMPTN paling sedikit 30 persen, dan Mandiri paling banyak 30 persen," kata Ravik.
Calon peserta bisa melakukan pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online dengan mengikuti tatacara melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
Sementara jika ingin mengetahui tata cara pengisian pendaftaran ujian tertulis dan ujiam keterampilan, bisa diunduh di laman http://download.sbmptn.ac.id, mulai 29 Maret 2018.
Kemudian untuk pendaftaran seleksi UTBC dan UTBK, dimulai pada 5 April 2018 pukul 08 WIB dan pendaftaran akan berakhir pada 27 April 2018, pukul 22.00 WIB.
Namun perlu diketahui, pendaftaran online UTBK akan ditutup, jka jumlah kuota pendaftaran telah terpenuhi. 

sumber : TRIBUNNEWS.COM,

Pages