PTN KEDOKTERAN

Hasil gambar untuk jurusan kedokteran

Menjadi Dokter Spesialis

Dokter spesialis adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam suatu bidang ilmu kedokteran tertentu. Kalo pengen jadi dokter spesialis, lo harus ikut Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). Di Indonesia sekarang terdapat lebih dari 30 jenis spesialisasi dokter yang dapat dipilih, beberapa diantaranya yaitu spesialis kandungan, spesialis penyakit dalam, spesialis THT, spesialis kulit, dll. Lamanya pendidikan bervariasi tergantung spesialis yang dipilih, rata-rata ditempuh dalam waktu 8 semester (bisa jadi 6 atau 11 semester).

Perguruan Tinggi yang Terdapat Jurusan Pendidikan Dokter

Jumlah fakultas kedokteran di Indonesia sekarang sudah bertambah. Sekarang ini terdapat 74 fakultas kedokteran di seluruh Indonesia yang terdiri dari fakultas kedokteran negeri dan swasta. Letak fakultas kedokteran juga sudah mulai tersebar sehingga peminat di daerah dapat mengikuti pendidikan di daerah masing-masing.
Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki program studi Pendidikan Dokter / Kedokteran dengan akreditasi A antara lain:
Perguruan Tinggi Program Studi Akreditasi
Universitas Andalas, Padang Pendidikan Dokter A
Universitas Diponegoro, Semarang Pendidikan Dokter A
Universitas Hasanuddin, Makassar Pendidikan Dokter A
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta Pendidikan Dokter A
Universitas Lampung, Bandar Lampung Pendidikan Dokter A
Universitas Padjadjaran, Bandung Pendidikan Dokter A
Universitas Sebelas Maret, Surakarta Pendidikan Dokter A
Universitas Sriwijaya, Palembang Pendidikan Dokter A
Universitas Udayana, Denpasar Pendidikan Dokter A
Universitas Airlangga, Surabaya Kedokteran A
Universitas Brawijaya, Malang Kedokteran A
Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Kedokteran A
Universitas Indonesia, Jakarta Kedokteran A
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta Kedokteran A
Universitas Tarumanagara, Jakarta Kedokteran A

FAQ tentang Jurusan Pendidikan dokter

Apakah anak IPS boleh mendaftar jurusan Pendidikan Dokter? Secara umum anak IPS boleh mendaftar di jurusan di rumpun IPA / saintek, konsekuensinya, anak IPS tersebut juga mesti mengerjakan soal IPA dan bersaing dengan anak-anak IPA lain. Tapi ada perkecualian di Jurusan Pendidikan Dokter. Sesuai dengan Surat Edaran Konsil Kedokteran Indonesia tahun 2013, siswa IPS maupun jurusan lain non-IPA ga bisa daftar disini.
Apakah di Pendidikan Dokter nanti belajarnya ada yang pake mayat? Iya, untuk di lab anatomi. Di FK ada semboyan “mortuis vivat docent” yang artinya mayat-mayat yang menemani belajar anatomi ini adalah dosen kita juga, dengan cara yang lain. Kalau dosen-dosen yang lain mengajarkan dengan berbicara, kalau mereka, atau kita menyebutnya ‘cadaver’ mengajarkan kita melalui setiap pengetahuan yang ada di setiap jengkal tubuhnya.

sumber: http://halokampus.com/jurusan-kuliah/jurusan-pendidikan-dokter/

Pages