Tahapan Menjadi Dokter

Tahapan menjadi dokter
Jurusan Pendidikan Dokter – Setiap tahun, hampir selalu, Jurusan Pendidikan Dokter / Kedokteran menjadi salah satu jurusan dengan peminat tertinggi suatu PTN. Banyak banget peminat jurusan ini di Indonesia, mungkin kamu salah satunya, karena memang kebutuhan tenaga kedokteran masih sangat tinggi.

Tahapan Menjadi Dokter dan Apa Saja yang Dipelajari

Tahapan sejak awal kuliah sampai menjadi dokter yang bisa praktek secara umum dibagi menjadi 4 tahap: 1. Pre Klinik, 2. Klinik, 3. UKDI dan 4. Internship
1. PRE KLINIK
  • General Education (semester 1)
    Pada tahap ini diajarkan pencapaian keterampilan dan sikap dasar pendidikan dokter. Programnya misalnya: Program Dasar Pendidikan Tinggi, Pengantar Empati dan Bioetik, Pertolongan Pertama pada Kegawatan dan Kedaruratan, dll. Jadi pada semester 1 (general education) diajarin dasar2 dan perkenalan di dunia medis.
  • Medical Sciences (semester 2-7)
    Pada tahap ini diajarkan ilmu kedokterannya.
Tahap preklinik atau pendidikan yang dilaksanakan di kampus ditempuh dalam waktu 3,5 tahun (7 semester). Pendidikan pada tahap pre klinik ini dibagi menjadi sekitar 21 blok (tiap perguruan tinggi biasanya beda-beda tentang pembagian blok ini). Misalnya: blok metabolisme, blok kardiovaskular, blok respirasi, blok neurologi, dst. Jadi total sekitar 21 blok akan ditempuh dalam 3,5 tahun, atau pertahun ada sekitar 6 blok atau lama pendidikan per blok sekitar 4-5 minggu. Di tiap blok tersebut ada modul-modul yang harus dipelajari dan ada evaluasi (ujian). Bentuk ujian blok antara lain yaitu OSCE (evaluasi skill labs) dan MCQ/MEQ (multiple choice/modified essay). Jadi ujian di jurusan Pendidikan Dokter ini per blok, ga tiap semester seperti halnya jurusan lain.
2. KLINIK
Setelah menempuh 3,5 tahun perkuliahan tahap pre-klinik, maka akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Setelah mendapat gelar sarjana kedokteran ini, lo masih belum boleh praktek, atau bisa dibilang masih setengah jalan.
Setelah tahap pre klinik ada tahap klinik (clerkship/co ass) selama minimum 3 semester. Co-ass (asisten dokter) adalah sebutan buat mahasiswa sarjana kedokteran yang lagi menuntut ilmu di rumah sakit. Selama tahap klinik (koass) lo bakal membantu atau belajar langsung praktik-praktik kedokteran di berbagai stase atau bagian di suatu rumah sakit. Misal stase bedah, stase kulit kelamin, stase THT, dll.
3. UKDI
Secara keseluruhan untuk mencapai gelar dokter dibutuhkan minimum 10 semester pendidikan. Setelah itu dokter harus mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yg diselenggarakan oleh IDI buat dapat Sertifikat Kompetensi Dokter.
4. INTERNSHIP
Setelah memperoleh Sertifikat Kompetensi Dokter, semua dokter diwajibkan mengikuti program internship (magang dokter baru) selama 1 tahun di daerah terpencil di Indonesia. Dokter yang telah selesai mengikuti program internship berhak untuk mengajukan Surat Ijin Praktik (SIP) secara mandiri. Setelah mendapatkan SIP ini, baru deh bisa praktek.
Jadi total semua dari awal kuliah sampai dengan praktek sekitar 6,5 tahun. Yang terdiri dari 3,5 tahun pre klinik, 1,5 tahun klinik, UKDI dan 1 tahun internship.

Pages