TIPS SUKSES menghadapi SBMPTN

tips sbmptn

Lolos ujian nasional berarti juga harus sukses SBMPTN. Tidak ada satu bulan lagi untuk menghadapi SBMPTN. Berbagai bimbel kebanjiran peserta didik baru yang akan menghadapi SBMPTN pada Mei mendatang. Tidak perlu cemas, artikel ini akan menyajikan beberapa tips untuk anda agar bisa sukses SBMPTN. Memang benar kesuksesan tidak akan diperoleh tanpa adanya kerja keras. Namun kerja keras disini bukan berarti anda harus belajar siang dan malam. Cukup dengan mengerti apa yang anda inginkan maka anda akan mendapatkannya.

Berikut tips sukses SBMPTN yang bisa menjadi inpirasi dan informasi bagi anda yang ingin sukses menggapai masa depan melalui perguruan tinggi.
  1. Memilih jurusan
Memilih jurusan adalah dasar dari kesuksesan anda sukses dalam SBMPTN. Jurusan yang anda pilih haruslah jurusan yang benar-benar anda sukai. Hal ini akan berdampak pada semangat anda dalam belajar dan juga semangat anda dalam mengerjakan soal SBMPTN. Buang gengsi anda jauh-jauh dan dapatkan yang anda inginkan. Kebanyakan orang memilih jurusan hanya karena Univesitasnya dianggap keren oleh banyak orang. Kedua karena jurusannya memiliki grade yang tinggi dan alasan-alasan bergengsi lainnya.
Pada akhirnya yang menjalani kuliah nanti adalah anda bukan orang lain yang hanya melihat dan mendengarkan anda. Sehingga anda nantinya harus benar-benar nyaman dan mantap dengan jurusan yang anda pilih. Banyak kasus yang hanya mementingkan gensi, pada akhirnya berhenti ditengah-tengah kuliah karena merasa tidak cocok dengan jurusan yang dipilih. Jangan sampai ini terjadi pada anda.
  1. Patuh atau pilihan?
Tantangan berikutnya yang masih memiliki orang tua dengan pola pikir tradisional adalah menghadapai orang tua yang memaksakan jurusan pada anaknya. Apakah anda termasuk didalamnya? Nah kondisi ini jangan membuat anda khawatir berlebihan. Yang perlu anda lakukan adalah memberikan pengertian kepada orang tua tetang jurusan yang anda pilih dan resiko kedepan jika orang tua terus memaksakan kehendaknya. Senjata paling ampuh adalah dengan mengatakan pada orang tua bahwa anda hanya meminta restu untuk kesuksesan jurusan yang anda pilih.
  1. Tidak mendahului kehendak Ilahi
Point nomer dua biasanya dilanjutkan dengan pandangan yang jauh kedepan, yaitu kaitan antara jurusan dan pekerjaan. “mau jadi apa nanti jika memilih jurusan itu?” ini adalah pertanyaan yang membuat anda mati gaya ketika mempertahankan jurusan yang anda pilih namun tidak sesuai dengan orang tua. Dalam hal ini anda tidak perlu mendahului kehendak Ilahi. Ketika anda menjalani kuliah dengan cara benar dan sungguh-sungguh maka Tuhan akan menyediakan tempat terbaik dimasa depan.
Dengan mengedepankan logika maka hal ini akan membuat anda pusing sebelum menjalani kuliah. Ketika jurusan itu anda pilih karena anda menyukainya maka secara otomatis anda akan menjalaninya dengan enjoy dan bisa berprestasi maksimal. Karena tidaklah mungkin apa yang kita lakukan dengan benar dan sungguh-sungguh akan menjadi sia-sia dimasa yang akan datang. Sekali lagi mohon restu orang tua dan minta doanya pada beliau untuk cerahnya masa depan anda.
  1. Siapkan mental
Masalah jurusan beres, maka tahap selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk mengerjakan soal SBMPTN. Jika rumah anda jauh dari tempat Ujian, maka pastikan anda telah tiba ditempat ujian sehari sebelum ujian. Hal ini berfungsi untuk mengetahui lokasi ruang dimana anda akan mengerjakan soal SBMPTN. Jadi ketika hari H, anda tidak kebingungan untuk mencari ruang. Hal ini sangat berdampak pada psikologi anda dalam mengerjakan soal.
Pada saat anda mengerjakan soal pastikan anda dalam kondisi tenang agar semua memori pelajaran anda bekerja dengan maksimal. Caranya, awali dengan doa dan berikutnya tarik napas tiga kali dan katakan “saya siap sukses mengerjakan soal SBMPTN”
  1. Ikhtiar
Ini adalah hal terakhir yang bisa dilakukan yaitu menyerahkan semua usaha hanya kepada Tuhan Sang Pemilik semesta. Selalu berprasangka baiklah kepada-Nya, kelak anda akan menjadi orang yang beruntung.
Sukses SBMPTN untuk anda semua.

Pages